Kuliner News

5 Kota yang Terkenal karena Makanan

dendeng-batokok_landscapethumbnailclean_id

Travel tanpa kuliner akan membosankan, maka jangan heran jika Indonesia memiliki banyak Kota Kuliner, seperti Padang (rendang), Makasar (Coto), Lombok (ayam taliwang)  dsb. Semua makanan kaya akan rempah dan memiliki berbagai macam rasa, mulai dari yang rasanya pedas, manis, asin. Mulai dari makanan berbahan dasar sayuran hingga seafood. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang harus dicicipi kalau berkunjung ke kota tersebut.

Wisata Kuliner Indonesia memang unik dan orisinil. tak terkecuali makanan khas Indonesia berikut ini. Kuliner yang otentik dan menjadi ciri khas dari kota asalnya. Berikut nama kota yang setiap kali kita mendengarnya seketika langsung dibuat laper. Karena nama kota tersebut lekat denan nama makanan khas daerahnya. Apa saja?

  • Padang

Padang sudah sejak lam aterkenal dengan ke khasan kulinernya. Setidaknya ada dua makanan yang menjadi kuliner khas kota ini. Yaitu Nasi Padang & Sate Padang.

Nasi Padang adalah makanan favorit nomor satu di Indonesia. Banyak orang yang menyukai kuliner dengan ciri khas berkuah santan dan pedas ini. Menu utamanya andalannya adalah Rendang dan dendeng. Meskipun sarat akan kolestrol, tapi tetap banyak orang yang ‘rela membandel’ demi makan nasi padang yang ‘Lamak Bana’ (enak sekali).

Sate Padang adalah salah satu varian sate yang terkenal di Indonesia. Ciri khas sate ini adalah kuah yang berwarna kuning dan pedas. Khas lidah orang padang. Selain itu juga ada varian lain dari sate padang dengan kuah kental berwarna kemerahan yang lebih akrab dikenal sebagai Sate pariaman.

  • Tegal

Tegal memiliki franchise terlaris kedua di Indonesia setelah rumah makan Padang, yaitu Warung Tegal (Warteg).Warteg rata-rata menyediakan makanan dengan harga relatif lebih murah daripada Rumah Makan padang. Sistem pemesanan di Warteg juga demikian unik. Warteg sangat familiar bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, salah satu warteg yang terkenal dibilangan Jakarta Selatan yaitu warteg WarmoWalaupun warteg identik dengan makanan masyarakat kelas bawah, warmo membuktikan sebaliknya, tidak sedikit artis dan tokoh-tokoh nasional makan di Warmo karena rasa dan kebersihannya terjaga.

  • Jogja

    kota-kuliner-terkenal-di-indonesia-minangisme

Jogja terkenal akan Gudeg Jogja. Gudeg adalah makanan olahan nangka muda yang dimasak bersama santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

  • Madura

Madura selain terkenal dengan garamnya juga terkenal dengan Sate Madura . Varian sate ini berbeda dengan sate padang, sate padang memiliki kuah kuning sedangkan sate madura menggunakan kuah bumbu kacang. Sate padang biasanya menggunakan daging sapi, dan sate madura menggunakan potongan daging ayam. Selain itu, kekhasan sate madura juga ada pada kostum penjualnya. Kaus dengan strip merah dan putih dan di luarnya baju longgar berwarna hitam.

sate-ayam-madura

  • Makassar

Salah satu makanan khas dari makassar adalah Coto Makassar. Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”.

Selain itu, masih banyak kekayaan kuliner dan makanan khas Indonesia yang lain. Beda daerah beda citarasa.

minangisme-long-banner

About the author

Profile photo of admin

admin

1 Comment

Click here to post a comment

Skip to toolbar